Selasa, 09 September 2014

Pengertian Komponen Asset, Liabilitas, Ekuitas

AKTIVA (Asset)

Aktiva (asset) adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasi perusahaan. Aktiva dapat di klasifikasikan kedalam beberapa sub kelompok sebagai berikut:

1. Aktiva Lancar (Current Asset)

Kas 

Kas (cash) adalah uang tunai yang disimpan di brankas atau di kantor, ataupun simpanan di bank, yang berbentuk giro atau simpanan lain yang bisa diambil setiap saat.

Deposito Bank

Deposito Bank / Deposito Berjangka (Time Deposite) adalah simpanan pada bank yang berbentuk deposito yang dapat diambil pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan.

Surat Berharga
Surat berharga / Efek (marketable securities) adalah saham dan obligasi perusahaan lain yang segera dapat diuangkan atau dijual di bursa efek. Tujuan pemiliknya adalah untuk memanfaatkan kelebihan uang kas (idle money).

Piutang Usaha
Piutang usaha (account receivable) adalah hak untuk menagih kepada pihak lain karena sebelumnya perusahaan memberikan pinjaman atau menjual barang/jasa secara kredit kepada pihak lain.

Piutang Wesel

Piutang wesel adalah surat perintah yang ditujukan kepada seseorang atau badantertentu untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tenggal yang telah ditentukan pada orang yang namanya tertulis pada surat tersebut atau pada orang yang mebawa surat tersebut.

Perlengkapan Kantor

Perlengkapan kantor atau bahan habis pakai (office supplies) adalah perlengkapan yang digunakan untuk lancarnya administrasi perkantoran. Contoh: kartas HVS, pita mesin tulis, isi stapler, disket, dan lain-lain.

Perlengkapan Toko

Perlengkapan toko (store supplies) adalah perlengkapan yang digunakan untuk kelancaran kegiatan di toko. Contoh: kantong plastic, kertas bungkus, isolative, dan lain-lain.

Beban dibayar di Muka

Beban dibayar di muka / persekot biaya (prepaid expenses) adalah biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tetapi belum terjadi kewajiban atau belum di konsumsi. Contoh;
- Asuransi dibayar di muka (prepaid insurance)
- Sewa dibayar di muka (prepaid rent)
- Gaji dibayar dimuka (prepaid salaries)
- Bunga di bayar di muka (prepaid interest)

Pendapatan yang masih harus diterima

Pendapatan yang masih harus diterima / piutang pendapatan (accrued revenues) adalah pendapatan yang telah di perhitungkan / sudah menjadi hak, tetapi belum diterima pembayarannya.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang, yaitu penyertaan / penanaman modal pada perusahaan lain dalam jangka panjang. Yang tujuannya selain untuk memperoleh tambahan pendapatan, juga untuk mengontrol / mengendalikan perusahaan tersebut.

Yang termasuk investasi jangka panjang antara lain:

a). Investasi Dalam Saham dan Obligasi

Saham adalah surat tanda kepemilikan perusahaan, dari saham kita akan memperoleh Retairned earning (laba yang ditahan) sedangkan Deviden adalah laba yang dibagikan. Sedangkan Obligasi adalah pengakuan hutang pihak yang mengeluarkan pada pihak yang membeli (Investor).

Selain saham dan obligasi yeng termasuk investasi jangka panjang, yaitu dana dana yang dicadangkan untuk pelunasan utang jangka panjang dan yang dicadangkan untuk pelunasan perusahaan.

3. Aktiva Tetap (Fixed Asset)

Aktiva tetap/tidak lancar adalah kekayaan perusahaan yang pemakaiannya dalam waktu lama (lebih dalam satu periode akuntansi). Aktiva tersebut digunakan tersendiri dalam kegiatan normal perusahaan serta mempunyai nilai material (relatif besar nilainya). Yang termasuk aktiva tetap antara lain: tanah, gedung/bangunan, mesin-mesin, kendaraan, peralatan toko, peralatan kantor.

4. Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Aktiva tetap tidak berwujud adalah hak istimewa yang dimiliki perusahaan dan mempunyai nilai namun tidak mempunyai bentuk fisik. Yang termasuk aktiva tetap tidak berwujud antara lain:

Goodwill, yaitu nilai lebih yang dimiliki suatu perusahaan yang timbul karena adanya keistimewaan-keistimewaan tertentu. Seperti, letak yang sangat strategis dan nama yang sudah sangat terkenal.
Hak Patent, yaitu hak yang diberikan pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk menggunakan penemuan baru.
Hak Cipta, yaitu hak yang diberikan pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk memperbanyak/menjual barang-barang hasil karya seni/tulisan.
Merek Dagang, yaitu hak yang diberi pemerintah kepada badan usaha untuk menggunakan nama, cap atau lambing bagi usahanya.
- Hak Sewa (Leasing), yaitu hak untuk menggunakan aktiva tetap pihak lain dalam jangka waktu panjang.
f). Franchise, yaitu hak Istimewa yang diberikan perusahaan/perseorangan dari pihak lain untuk mengkomersilkan produk, tekhnik, atau formula tertentu.

5. Aktiva Lain-Lain


Aktiva lain-lain (Other Asset), yaitu aktiva yang tidak dapaat digolongkan dalam empat jenis aktiva di atas. Misalnya, biaya pendirian dan biaya emisi saham serta aktiva tetap yang  tidak di pakai.

KEWAJIBAN (Liabilities)


Kewajiban/utang/pasiva adalah kewajiban membayar kepada pihak lain yang disebabkan oleh tindakan/transaksi sebelumnya. Berdasarkan jangka waktu pelunasannya kewajiban diklasifikasikan kedalam tiga kelompok, yaitu kewajiban lancar, kewajiban jangka panjang dan kewajiban lain-lain.

1). Kewajiban Lancar

Kewajiban lancar/utang lancar/utang jangka pendek (current liabilities) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak elbih dalam waktu satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan, antara lain:

- Utang usaha (account payable), yaitu kewajiban yang harus dilunasi karena pembelian barang atau jasa secara kredit.
- Utang wesel/wesel bayar (notes payable) adalah janji tertulis yang membayar kepada pihak lain dalam jumlah tertentu dan pada tanggal yang telah ditetapkan.
- Utang beban adalah kewajiban membayar karena perusahaan telah menerima manfaatnya. Seperti utang bunga (interest payable), utang gaji (salaries payable), utang sewa (rent payable).
- Pendapatan diterima di muka adalah pendapatan yang belum menjadi hak, tetapi sudah diterima pembayarannya. Contohnya: sewa diterima di muka, bunga diterima di muka.

2). Kewajiban Jangka Panjang

Kewajiban jangka panjang atau uatang jangka panjang (long term debt) adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun atau satu siklus normal operasi perusahaan. yang termasuk kewajiban jangka panjang antara lain sebagai berikut:

- Utang Hipotek adalah pinjaman jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap.
Utang obligasi adalah pinjaman jangka panjang yang timbul karena perusahaan menjual/mengeluarkan surat-surat obligasi. Obligasi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa pemegang obligasi meminjamkan uang kepada perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut. Pemegang obligasi akan mendapat bunga tetap secara berkala yang disebut kupon.
- Kredit Investasi adalah pinjaman jangka panjang yang diterima dari bank atau lembaga keuangan lain, yang digunakan untuk pelunasan perusahaan.


3) Kewajiban Lain-Lain

Kewajiban/utang lain-lain adalah meliputi semua kewajiban yang tidak sesuai untuk diklasifikasikan sebagai kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang. Misalnya, uang jaminan yang diterima dari pelanggan.

EKUITAS

Ekuitas/Modal adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban) Ekuitas terdiri dari setoran pemilik dan sisa laba yang ditahan (retairned earning).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar